Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445H, Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Bersihkan Masjid

Bintan, paligarnusantara.com – Sebagai bentuk kesiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang melalui Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melaksanakan giat bersih-bersih Masjid At-taubah. Hal ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan ibadah sholat maupun tarawih nantinya lebih hikmat dan khusyuk,

Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan penuh pengampunan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam seluruh dunia, tak terkecuali bagi Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang. Berbagai macam persiapan telah dilakukan, terutama kebersihan tempat ibadah dan kesehatan fisik untuk dapat menjalankan ibadah puasa selama 1 (satu) bulan penuh.

Bacaan Lainnya

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Tanjungpinang Maman Herwaman menyampaikan, kegiatan bersih-bersih rumah ibadah (Masjid) merupakan sarana ibadah jelang Ramadhan.

“Bersih-bersih ini merupakan sarana ibadah menjelang Ramadhan 1445H di Lapas Kelas llA Tanjungpinang, WB Lapas ll A Tanjungpinang yang beragama Islam antusias menyambut Ramadhan tahun ini, ” ungkap Maman.

Selain itu Maman Herwaman juga mengatakan berbagai persiapan yang dilakukan Warga Binaan (WB) Lapas terkait kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan di tahun ini.

“Banyak persiapan yang dilakukan oleh WB, diantaranya bersih-bersih Masjid At-taubah, seperti halnya membersihkan karpet, memeriksa persediaan sandal, dan air untuk berwudhu, ” terangnya.

Terkait pengamanan ibadah bulan Ramadhan di masjid At-taubah tahun ini Kalapas mengatakan ada petugas khusus yang dipersiapkan pihak Lapas.

“Petugas pengamanan giat Ramadhan dipersiapkan khusus untuk membantu bagaimana pelaksanaan ibadah Taraweh dan Tadarusan di masjid Lapas nantinya dapat berjalan aman dan lancar, ” tegas Maman.

Sementara itu, saat ditanya terkait aktifitas kunjungan ataupun besukan bagi Warga Binaan (WB) selama bulan Ramadhan, Maman Herwaman juga menjelaskan, “Besukan untuk WB Lapas berjalan seperti biasa, hanya menyesuaikan dengan jam kerja ASN Lapas, kecuali dalam besukan atau kunjungan di hari Raya Idul Fitri akan diatur dengan jadwal dan ketentuan hari raya keagamaan, ” terangnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang juga tidak lupa menyampaikan ucapan Ramadhan tahun 2024.

“Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kepada seluruh Warga Binaan (WB) di dalam Lapas dan semua ASN Lapas. Mari bersama-sama kita sukseskan Ramadhan tahun ini dengan bersungguh-sungguh, sukseskan beribadah puasanya, tarawihnya, mengajinya, pelaksanaan zakatnya, dan persiapan sholat Id-nya, ” ajaknya.

Diakhir, Semoga bulan Suci Ramadhan tahun ini kita semua sehat dan bisa membawa suasana kebaikan, dan keberkahan bagi WB dan ASN Lapas llA Tanjungpinang, amin, ” pungkas Maman Herwaman ( Leni )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *